/ Profil / Sekretariat

Sekretariat

1. Sekretariat mempunyai tugas pokok melakukan pengelolaan urusan kepegawaian, perencanaan, keuangan, rumah tangga, perlengkapan, hubungan masyarakat, surat menyurat, protokol dan pembuatan laporan.

2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat menyelenggarakan fungsi:

  • Penyusunan kebijakan teknis di bidang ketatausahaan;
  • Pengelolaan urusan penyusunan program, monitoring dan evaluasi;
  • Pengelolaan urusan administrasi umum dan kepegawaian;
  • Pengelolaan urusan keuangan.

3. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Sekretariat, membawahi :
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  • Sub Bagian Keuangan;
  • Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi.
Masing-masing Sub Bagian sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris, adapun Sub Bagian penyusunan program, monitoring dan evaluasi mempunyai tugas :
  • Menghimpun dan menyusun program kegiatan;
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan;
  • Menghimpun dan menyusun pelaporan kegiatan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
Sub Bagian Sekretariat

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  • Melakukan pengelolaan dan pelaporan administrasi umum yang meliputi pengelolaan naskah dinas, penataan kearsipan dinas, melaksanakan urusan rumah tangga, pengelolaan sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, urusan hukum dan menyiapkan rapat dinas;
  • Melakukan pengelolaan dan pelaporan administrasi kepegawaian yang meliputi kegiatan penyiapan bahan penyusunan rencana kebutuhan pegawai, mutasi, disiplin, pengembangan pegawai dan kesejahteraan pegawai;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :

  • Melakukan pengelolaan urusan administrasi keuangan yang meliputi penyusunan anggaran dinas/administrasi gaji, administrasi perjalanan dinas;
  • Menyusun pembukuan, pertanggungjawaban keuangan dan pelaporannya;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan

Rincian tugas Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan, adalah sebagai berikut:

  • Melaksanakan penyiapan bahan penyusunan rencana penerimaan, dan anggaran belanja dinas baik belanja langsung maupun belanja tidak langsung;
  • Memproses usul pengangkatan dan pemberhentian pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran/atasan langsung Bendahara, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Pembantu Bendahara, Bendahara Pembantu, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dan Pejabat Penata Usaha Keuangan serta Pengelola Keuangan lainnya di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • Melaksanakan pembinaan dan bimbingan administrasi keuangan dan perbendaharaan;
  • Menyelenggarakan pembukuan, perhitungan, dan verifikasi anggaran;
  • Memberikan bimbingan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan;
  • Menyelenggarakan penataan dokumen keuangan dan penyusunan laporan realisasi anggaran;
  • Menyiapkan bahan penyelenggaraan administrasi barang inventaris, rencana kebutuhan, pengadaan penomoran inventaris, penyimpanan, penggunaan perawatan, serta inventaris ruangan sampai penghapusan inventaris;
  • Menyiapkan laporan pelaksanaan kegiatan Sub Keuangan dan Perlengkapan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(1) Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas pokok melaksanakan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data serta penyusunan rencana kegiatan dan program, melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan kegiatan rutin dan program pembangunan.

(2) Rincian tugas Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, adalah sebagai berikut:

  • Melaksanakan pengumpulan data rutin dan pembangunan Komunikasi dan Informasi;
  • Mengolah dan menganalisa data rutin dan pembangunan Komunikasi dan Informasi;
  • Melaksanakan penyajian data rutin dan pembangunan Komunikasi dan Informasi;
  • Menyusun data statistik Komunikasi dan Informatika;
  • Menyiapkan bahan dan koordinasi penyusunan rencana kegiatan rutin pembangunan;
  • Menyiapkan bahan kerjasama teknik untuk menyerap aspirasi masyarakat dan ciri khas daerah dalam pembangunan Komunikasi dan Informasi;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dan penyusunan Dokumen Pelaksana Anggaran [DPA] lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • Memantau pelaksanaan kegiatan pembangunan supaya sesuai dengan rencana yang telah disusun;
  • Mengadakan penyelia atas program pembangunan Komunikasi dan Informasi yang berkelanjutan;
  • Memantau dan mengevaluasi semua pelaksanaan kegiatan pembangunan Komunikasi dan Informasi;
  • Menyusun laporan-laporan pelaksanaan rencana dan program rutin dan pembangunan Komunikasi dan Informatika;
  • Melaksanakan penyusunan laporan akuntabilitas kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • Menghimpun dan menyusun laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • Melaksanakan analisis, interpretasi laporan pengawasan fungsional untuk penyelesaian tindak lanjut kegiatan rutin dan pembangunan Dinas Komunikasi dan Informatika;
  • Menyiapkan laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi;
  • Menyusun laporan pemerintahan meliputi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah [LAKIP], Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban [LKPJ], Penetapan Kinerja dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah [LPPD]; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.